Memasuki persaingan bisnis online, artinya berpeluang menuju banjir order dan meraih keuntungan yang melimpah. Namun yang harus diperhatikan,  mereka yang baru memulai bisnis online, bahwa harus menguasai pondasi bisnis online, agar selalu menguntungkan.  Harus diingat bahwa mempelajari 3 elemen pondasi adalah bagian dari upaya meraih modal tak berwujud.  Hal ini harus dimengerti karena dalam bisnis online ada 2 hal modal. Pertama, modal berwujud seperti uang, barang, laptop, tapi ada juga modal tidak berwujud missal kemampuan analisa, pemasaran, kreatifitas promosi di media sosial dan lain sebagainya.

Elemen Sukses Bisnis Online

Setidaknya ada 3 elemen pondasi sukses bisnis online:
Pertama, bisnis online bukan sekedar memasang produk di media online, lalu berharap laku keras dan untung. Namun bisnis online juga tentang sistem. Sistem apa itu? Ya mengatur dari perizinan, SDM,keuangan, produksi, pemasaran. Sehingga pelajarilah untuk membangun sistem.

Kedua, kemampuan menganalisa pasar. Pasti, persaingan bisnis online itu berubah setiap saat, karena setiap orang dimanapun bisa membuat bisnis online. Sehingga kondisi persaingan bisnis online hari ini akan berbeda dengan 1 hari lalu. Bisa tidak cara deteksi perubahan bisnis onlinenya? Jika belum, artinya saat ini juga belajar menganalisa, semata agar bisa bertahan dan bertumbuh.

Ketiga, tingkatkan akses dan jejaring. Platform bisnis online yang digunakan harus mampu menjangkau semua jenis pelanggan.  Misal sudah memiliki toko online belum banyak pengunjung, ya bisa menarik pengunjung dari marketplace, masang profil dan lapak di Shopee, Bukalapak,  demi meningkatkan kepercayaan dan akses 24 jam dengan sistem pembayaran otomatis.   Prinsip utama, peningkatan akses artinya semakin mudak  berkomunikasi dan cara bertransaksi. Bisnis online tentang jejaring, baik dari supplier, pelanggan dan pesaing yang berada dalam 1 komunitas atau asosiasi. Maka perluas jejaring untuk mengetahui strategi, taktik dan cara bersaing dari pihak lain.

Modal utama bisnis online adalah kepercayaan, salah satunya yang utama adalah layanan komunikasi sepanjang waktu/hari,  ini demi membangkitkan kepercayaan bisnis Anda kepada pelanggan.
Akses ini juga termasuk setingan penggunaan bahasa yang digunakan di media online,

#1 Tren Membandingkan Harga

Membandingkan harga antar merek merupakan budaya konsumen online, tidak lagi kebiasaan namun sudah menjadi budaya. Dampaknya penentuan harga dalam bisnis online harus makin kreatif. Jangan hanya berpatokan di 1 harga sepanjang masa.

Beberapa pola insentif dari harga bisnis online antara lain penetapan harga diskon, penetapan harga psikologis/pendorong minat, penetapan harga kompetitif, penetapan harga berdasarkan manfaat tambahan.

Banyak sekali pengalaman dalam menentukan harga, intinya jangan egois, tapi libatkan pelanggan dan pesaing dalam bermain harga yang cantik.

#2 Gambaran Kualitas

Buktikan kualitas produk dari bisnis online Anda. Masih banyak anggapan, produk dari situs online memiliki kualitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan produk dari toko fisik. Meskipun sebagian besar mitos itu sudah berangsur-angsur berkurang, namun melambat. Artinya masih banyak yang harus dilakukan untuk meyakinkan pelanggan bahwa kualitas produk sebanding dengan yang ditemukan di toko secara fisik, tatap muka.

#3 Publikasi Pemasok

Publikasikan, jika produk Anda didapat dari pemasok barang yang berkualitas tinggi, terkenal dan terpercaya juga. Misal produk elektronik, fashion dan lain-lain. Artinya dalam bisnis online terkadang kepercayaan kepada produsen, kepada pemasok menjadi salah satu pendorong untuk makin yakin membeli ke Anda. Dengan catatan ini jika ada berposisi sebagai agen, pengecer atau reseller. Banyak produk elektronik seperti handphone, rantai pemasok menjadi penting agar tidak mengesankan barang dari pasar gelap alias black market. Kesan black market, lebih mendorong orang untuk tidak mau ambil resiko setelah pembelian.

#4 Kepercayaan Pengiriman

Kepercayaan dalam pengiriman, Anda harus menjunjung tinggi standar informasi pengiriman yang bisa dipantau dengan jelas, baik dikirim sendiri atau dengan pihak ketiga. Selalu konsisten di semua transaksi. Jika Anda pernah mengirimkan produk di bawah  harapan pelanggan dan mengecewakan, susunlah kebijakan pengembalian/penggantian, meski sifatnya sebagai obat, semacam “PEMBUNGKAM”. Kepuasan pelanggan secara keseluruhan sangat penting untuk kelangsungan bisnis, sehingga metode pengiriman yang buruk dapat menghancurkan bisnis Anda, meski produk berkualitas.

#5 Rajin Evaluasi dan Koreksi

Pelanggan memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Sehingga sampai detik ini harus diketahui, karakter pelanggan yang seperti apa saja yang sudah diketahui.  Sehingga jaga agar umpan balik sistem tetap siap digunakan 24 jam dengan perangkat manapun. Di sini pentingnya kejelasan menu input, dan rencana tindakan korektif atas komplain dan keluhan. Jangan sampai karena buntu, keluhan nyebar di media massa dan media sosial.

#6 Dukungan Teknis Visual

Banyak yang belum sadar bahwa foto yang diupload di media online haruslah file kecil dan tetap berkualitas. Ada yang memberi rumusan maksial 200kb, ada yang 100kb untuk file gambar. Jika tidak, maka gambar akan lambat diakses, atau malah tidak dapat diakses.  Semata demi menjadi media yang responsif dan cepat menjadi informasi demi nama baik bisnis online Anda. Semakin mudah diakses, artinya peluang untuk diakses semakin meningkat pula.

#7 Susun Kesan pertama yang luar biasa

Dalam  membangun bisnis online, susunlah media baik itu website maupun lapak di marketplace, agar konsumen tertarik dengan informasi awal, dan  tidak hanya dengan melihat sekilas, lalu pergi. Membuat kesan pertama yang baik artinya siap mendapatkan banyak pelanggan baru.  Media sejatinya membantu Anda meyakinkan orang untuk lebih dalam melihat apa yang ditawarkan di media. Seharusnya segala sesuatu di dalamnya harus mudah dimengerti, namun mempertahankan ciri khas produk, merek atau tampilan

Peluang usaha di bisnis online sangat lebar, bahkan peluang ini ada terus namun memang tidak semua peluang itu cocok untuk semua orang. Bisnis online dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain bentuk bisnis, SDM, dan kondisi pasar termasuk persaingan.
Menyikapi peluang ini, setidaknya dapat dipelajari pendorong sukses di bisnis online secara umum yg lahir dari dalam diri kita sendiri, tentu ada yang mungkin tidak tersebutkan di sini.

  1. Bakat, mengkorelasikan bakat dengan bidang usaha bisnis online dan berinternet, artinya bukan bakat dalam berinternetnya, tetapi misal ada bakat menulis, fotografi, masak, maka bisa menekuninya menjadi satu fokus usaha di media online. Karena mudahnya bertemu dengan teman2 satu  hobi bakat, dan bisa fokus kepada perluasan penjualan.
  2. Inspirasi bisnis online, mencoba tidak pasif tapi terus mencari langkah untuk  meningkatkan penghasilan dalam waktu yang pendek, dan tentukan upaya jangka panjangnya, karena bisnis online itu bisa menjalankan beberapa usaha sekaligus, bisa ditentukan niatan jangka pendek dan pannjangnya.
  3. Jangan setengah-setengah, butuh proses jangan berhenti ditengah jalan, harapan cepat kaya, harapan cepat sukses. Itu semua bisa mengabaikan pondasi dan kewaspadaan kita. Jangan tanggung dan sekedar iseng, artinya jangan mudah tergoda pindah-pindah usaha
  4. Semangat, tanpa semangat daya tahan anda akan cepat berubah, refill & stock kondisikan secara fisik, agar selalu fit.
  5. Mampu memotivasi diri sendiri, keahlian memotivasi diri sendiri, adalah bagian dari usaha, agar tidak merasa kalah gengsi, jika hanya berprofesi pengusaha online, agar tidak menyerah melawan rasa kantuk, rasa malas.

Nah itu hanya secara umum pendorong yang ada dalam diri seseorang biasanya menghadapi banyak peluang, tidak semua orang tanggap, karena memang cara memandang sebuah peluang itu beda-beda.