Strategi Bisnis : Memahami Inovasi dalam persaingan usaha/perusahaan

Inovasi dalam usaha itu sebenarnya bisa dimulai dari hal yang sederhana, secara umum misal kita lihat dari Sebatang  Sedotan Minuman, dahulu sedotan minuman fisiknya lurus, sehingga kalo kita beli Ice Juice, atau Lemon Tee di Resto kadang harus memiringkan Gelas Panjangnya, nah Inovasi terjadi ketika muncul sedotan warna putih dengan spiral/per di tengah sehingga Sedotan bida diliipat. Ini adalah inovasi walau sangat sederhana, dan restoran besar lenih memilih ini daripada sedotan lurus yang warna warni.

Tahun 1998 – 2000 saya  punya teman akrab seorang calon asisten manager sebuah Perusahaan Asing, hampir tiap ,malam kami bahas soal manajemen, inovasi, teknologi, marketing  sambil santai. Sebagai calon asisten maka harus bisa menemukan perbaikan dalam perusahaan setiap bulan, dia pusing karena semua inovasi sudah di ajukan seniornya, waktu itu sy saranakan inovasi dalam hal Zero Deffect, atau meminimalisir kegagalan produksi lewat inovasi alat dan SDM. Beberapa tahun kemudian dia datang  sudah jadi manager, dan berhasil mendapat reward Tour ke Pabrik di luar negeri  juga berwisata. Nah  ternyata perusahaan besar inovasi juga diserahkan kapada ide2 dari karyawan. Boleh apapun itu diajukan setiap bulan.

Beberapa tahun lalu saya diminta sekelompok dari koperasi pengrajin gerabah Kasongan Yogyakarta untuk menyusun inovasi dari pengrajin.  Setelah observasi sy putusksn inovasi bersifat internal yaotu pelayanan  keuangan dan penggunaan IT untuk keuangan karena terlambatnya proses di perngajin karena keuangan yang buruk, sehingga tagihan, stok, fifo lofo, posisi khas dan info simpanan bank sangat buruk. Dan berhasil sehingga untuk perbaikan kinerja.

Inovasi

Sehingga dapat disimpukan inovasi itu bisa berasal dari dalam dan dari luar perusahaan/usaha. Dapat ditentuka dampak dari inovasinya. Inovasi juga bisa bersifat overhaul, yaitu Inovasi dalam proses usaha dan SDM walau secara fisik tidak tampak namun secara efisiesn dan efektifias akan sangat tampak.

Inovasi dalam dunia usaha bisa dalam area :

  1. Teknologi, misal memunculkan alat yang lebih produktif, daya tahan tinggi, presisi tinggi
  2. Sistem keuangan, misal pengembangan sistem monitoring real time
  3. SDM, misal memacu peningkatan kemampuan secara tersuktur skil dan kompetensi SDM untuk menemukan inovasi
  4. Layanan, misal dengan mengembangkan layanan pemesanan yg cepat berbasis IT, atau layanan komplai yang terorganisir di manajemen
  5. Produk, misal produk  antenna yang awalnya hanya mampu menangkap GPRS, saat ini mampu untuk 3G, HSDPA, HSUPA
  6. Solusi, misal menemukan alat penghemat bensin untuk perusahaan, alat monitoring prestasi dari penurunan kinerja SDM

Inovasi yg saat ini yang sering dipacu pemunculannya dari inovasi Marketing yang berawal pengamatan proses layanan.  Inovasi pihak luar juga bisa mematikan usaha/layanan kita, misal jasa Cetak Kilat Foto 10 menit dengan lampu Petromak, sekarang sudah punah  karena ada Foto Digital. Telegram nya Telkom mulai tergeser karena inovasi SMS dan email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *