Dalam mengelola dan memajukan sebuah usaha maka banyak yang mengatakan pentingnya adanaya standar proses dalam strategi bisnis baik skala besar maupun skala UKM.

  1. Standar hasil
  2. Standar proses
  3. Standar perilaku

1. Standar hasil

Jika anda seorang pengrajin maka jika ada cacat bisa  segera disortir atau dikembalikan ke produksi, ini berlaku untuk ekportir mebel/furniture juga, daripada return lebih baik jika cacat produksi dipisahkan. Atau mungkin yang usaha warung makan selalu mencicipi masakan anak buahnya, dengan cara mengambil satu sendok setiap hasil masakan dan diletakkan ke piring lain

Tujuannya : Standar hasil ini kualitas anda , sehingga standar ini berlaku, agar pelanggan merasa bahwa kualitas  dari hasil masakannya terjaga. Jangalah ada kepikiran dari pelanggan bilang : “Gimana sih nih Nasi Goreng, kadang enak kadang asin, enakan yang buat bapaknya, kalau anaknya selalu gini nih” . Sadarkah bahwa bisa saja standar hasil ini terjadi juga berujung “value “bagi pelanggan yang selalu diingat pelanggan/dikenang untuk selalu repeat order. Standar hasil bisa juga dengan mengamati ukuran, warna, dan berat menurut aturannya.


2. Standar proses
Untuk mennghasilkan standar hasil yang baik sebaiknya memang disusun standar prosesnya. Di Perusahaan Visimaster saya  susun standar, untuk web profile

– programinng maks 7 hari
– total desain+animasi maks  3 hari

Atau dicontoh  standar ini, juga berurusan sama bahan baku. Sebelum idul adha saya diskusi dengan salah satu rumah makan yg cabangnya sudah puluhan di berbagai kota, tahukan Anda standar yang diterapkan, pertama di bahan bakuk rumah makan ini beli sendiri berasnya Delanggu Klaten, minimal 2 ton per minggu kadang seminggu 2 kali ambil : 2 ton x 2. Dia bilang ::”Apapun lauknya jika berasnya ini dan dimasak dengan arang pohon asem ini dan dengan panci ini maka keseluruhan hidangan nya enak, dia bilang Nasinya Pulen tanpa lauk pun sudah enak”, sehingga ditawari beras lebih murah pun ditolak, karena sy pribadi mengalami kadang beras itu dicampur2.

Anda tau kan KFC, Mac DOnald menerapakan proses penggorengan dengan suhu yang standar ke semua cabangnya?
3. Standar Perilaku
Standar Perilaku ini biasanya untuk posisi terdepan yg bertemu pelanggan bisa Front Office dll misal harus mengucapkan “Selamat Pagi”  atau jika menerima telepon menyampaikan identitasnya “Kantor Notaris Yusuf, selamat siang”.  Atau perilaku ini juga ketika dalam toko online adalah penyampain email ketika barang dikirim, ketika pembayaran sudah sampai. Biasanya dibuat template untuk emailnya tinggal diganti nama dan alamat atau usahanya

Mohon diiingat temen2, sy selalu sampaikan bahwa dalam dunia online Anda pun harus menyiapkan keramahan layaknya Front Office di offline, bisa di standarkan di telp, YM atau yg paling berkesan adalah EMail . Ingatlah menurut penelitian dunia, Email marketing adalah unsur Web marketing nomor 3 paling efektif setelah Sistem Affiliasi dan tertinggi SEO.

Kalau orang banyak bilang kualitas itu sulit maka sebenernya mudah, tidak perlu pusing  Kualitas itu adalah Standar yang bisa anda rancang sendiri, ditulis dan selalu dimonitoring, selalu disesuaikan kebutuhan pasar–> ini juga bisa diukur dari sampel wawancara, riset kecil, polling di online, atau form kotak saran.