Strategi Bisnis : Pentingnya perusahaan merencanakan pengunaan sosial media

Iklim positif dan negatif dari pesatnya sosial media muncul dimana-mana, namun membaca sebuah data statistik ternyata masih sedikit perusahaan yang care terhadapa sosial media online, ini bisa berdampak buruk jika masyrakat luas telah menggunakan media sosial ini dari sisi koementar negatif. Dalam era sosial media tidak semua kritikan dan keluhan bersifat membangun perusahaan karena bisa saja itu muncul sebagai serangan diam2 dari pesaing yang tujuannya tidak untuk perusahan tetapi penggemar perusahaan di sosial medianya. Ini bisa cukup parah.

Sehingga perlu sebuah perencanaan yang matang dari perusahaan untuk menciptakan sosial media yang fantastik dan memberikan informasi yang benar-benar mengimbangi informasi liar dan sulir dipantau di masyarakat.

Beberapa alasan utama kenapa perencanaan dalam perusahaan untuk pemanfaatan sosial media ini cukup penting :

  1. Tingginya interaksi online di masyarakat
  2. Sosial media merupakan gaya hidup
  3. Sosial media memiliki aturan yang tidak bisa menahan konten umum walau itu perusakan citra
  4. Kebutuhan akan kejelasan informasi yang resmi dan benar dari perusahaan
  5. Tanpa perencanaan maka sosial media akan menjadi misteri yang sulit untuk ditebak arah bahasannya
  6. Tidak ada perencanaan maka pergeseran trend penggunaan sosial media menjadi sandungan setiap saat untuk mengimbangi arahnya

Sehinggga perencanaan dalam membangun dan terlibat dalaam sosial media yang ada saat ini menjadi sebuah pemikiran serius, setidaknya sebuah perusahaan besar dan kredibel yang unggul di offlien justru kalah telak di media online hanya dari pesaing yang awalnya tidak diperhitungkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *