Konsultasi Bisnis : Strategi tepat untuk sales mobil via online

Pak Ipan, saya banyak belajar dari Pak Ipan. Saya sedang mencari strategi tepat dan efektif untuk bisnis saya. selama ini belanja iklan saya terlalu besar, walau hasilnya lumayan, tapi ternyata banyak costumer yang gak kehandel

Pertanyaan:
1. Saya Sales Mobil, apa yg saya harus lakukan agar strategi saya efektif (murah) tapi meraup banyak penjualan ?
catatan : saya sudah punya media website dan  pasang iklan di tokobagus, berniaga dan dinomarket

2. Adakah yg terlewaT oleh saya, yg belum saya lakukan, siapa tahu Pak Ipan bisa ngasih saran. terlewat dalam arti langkah dan strategi yg belum saya lakukan ?

 

Jawaban Konsultasi Bisnis  Ipan Pranashakti:

Terimakasih Pak Irman,
Bahwa ketika dari elemen strategi bisnis baik perusahaan atau personal memutuskan untuk memanfaaatkan media online, maka yang  harus dipertimbangkan adalah bagaimana kita memasukkan fungsi RTS dalam media online. RTS = Real TIme Service.

Bagaiaman implementasi RTS dalam bisnis pada level sebagai sales man?

  1. Bangunlah sebuah media tentang apapun itu otomotif yang menjaring minat pasar untuk membaca.  Ini sebagai media perangkap “mata” agar ada hubungan setiap hari dengan pasar. Selanjutnya susun artikel yang pro-kepentingan segmen yang dituju. Misal  pada bulan ini akan fokus membidik segmen untuk mobil keluarga, maka susun artikel tentang pertimbangan memilih mobil keluarga, artikel tentang pentingnya keselamatan dalam mobil keluarga.
  2. Bangunlah media solusi, bahwa banyak sekali produk baru berkenaan otomotif yang membuat bengkel mobil pun harus belajar lagi tentang perkembangan dunia otomotif sekarang ini, jika bengkel pun harus update apalagi penggunannya, sehingga membuat media yang memberikan solusi ringan dll akan membantu meningkatkan persepsi pasar tentang media dan Anda.
  3. Bangunlah media informasi singkat, misal lokasi jual ban, lokasi Pom Bensin, lokasi pemasangan kaca film, sekaligus tips2 nya.
  4. Bangunlah “kepakakaran” Anda dimedia online sehingga fungsi sales hanya sebagai pintu masuk kepada hubungan yang menguntungkan, selanjutnya Anda akan menjadi seorang sahabat bagi klien-klien Anda, dengan cara kepakaran ini, maka setelah mobil dibeli melalui Anda maka kedepan bisa juga karena mau nambah variasi, melalui Anda. Tapi mohon diingat inovasi dalam menjaga hubungan harus ditata, salah satunya adalah dengan tetap komunikasi walau tidak beli. Lalu apa yang dilakukan untuk ini? Baca item dibawan ini

Membuat media online dengan berbagai benefit

  1. Memfasilitasi jual beli penjualan mobil apapun di kota Anda, lalu pasang banner untuk produk Anda begitu dominan, contohnya seperti  www.mobiljogja.com
  2. Membuat artikel rutin atau bulettin rutin sehingga pembaca ditawarakan untuk berlangganan online gratis, maka di web buat menu untuk mengisi email mereka, contohny adi web ini  http://ipan.web.id sebelah kanan, sehingg jika ada artikel baru ada email yang akan otomatis terkirim sebagai reminder. Dengan cara ini maka komunikasi akan tetap terbangun……tinggal signature dalam email dibuat sekreatif mungkin
  3. Pusat inpirasi Media modifikasi, bahwa kehebatan mobil yg anda jual itu masih seputar spesifikasi yang standar, yang mungkin belum memenuhi dahaga para mania mobil modifikasi, sehingga jika ada mobil dari Produk Anda yang berhasil dimodifikasi dengan cantik, minta izin untuk difoto dan publikasi, sehingga ini menjadi inspirasi bagi dahaga modifikasi banyak pihak…

Kenapa semua di atas dilakukan?

  1. Iklan secara wajar akan menjaring daya tarik di awal, namun sebaiknya ‘ ada program berkelanjutan’  sehingga untuk komunikasi ke 2, 3 dan selanjutnya dibuat secara online dan tetap ada “benefit” setiap komunikasi, karena klien akan “jenuh” jika yang dikirim berwujud penawaran terus, tidak ada benefitnya

Beberapa tulisan yang lain yang perlu dibaca untuk menguatkan pemahaman:

  • http://wp.me/pjQqX-7J
  • http://wp.me/pjQqX-3N
  • http://wp.me/pjQqX-2J
  • http://wp.me/pjQqX-2D

temukan “keinginan” dibalik “kebutuhan” pelanggan yang akan membeli mobil atau setelah membeli mobil?  bisa dibuat media survey melalui media online Anda, media survey ini cukup murah dan gratis, tapi Anda bisa mengukur tingkat kepuasan pelanggan dari sisi kebutuhan dan keinginannya.

Intinya janganlah media online kita hanya untuk saru arah, hanya dibaca saja, tetapi bisa komunikasi 2 arah.. itu makna semua yang di atas. 2 arah untuk kualitas hubungan..