Bukan hal baru lagi, jika kemasan sebuah produk memiliki beberapa nilai daya saing, sehingga dari sana juga keseriusan perusahaan memulai titik daya tariknya, membangun persuasinya, membangun images nya, dan lain sebagainya.
Kemasan produk tidak sekedar membungkus, tapi ada beberpa fungsi termasuk iklan. yah iklan dalam kemasan. Namun tentu itu semua adalah perencanaan dan pandangan dari sisi produsen, lalu apa menurut konsumen tentang kemasan ini?
Beberapa hal ini penting menurut konsumen, berkenaan kemasan :
- Kemasan unik, menjadi incaran banyak konsumen, setidaknya ketika di letakkan di supermarket, pameran memiliki daya tarik dari keunikannya
- Mudah dikenal –> lokalisir, dengan bahasa negara setempat misalnya Indonesia, English dll didukung dari karakter kemasan yang tidak terlalu rumit, bentuk yang standar dan warna yang tidak berubah2 drastis. dll
- Sangat mudah diingat –> sebaiknya jangan mudah gonta ganti kemasan, artinya jangan menjdikan konsumen bingung atas pergantian kemasan yang terlalu sering, sehingga menimbulkan keraguan, apakah produk ini benar yg diinginkan, apakah benar masih sesuai kualitas sebelumnya
- Mudah dilihat —> jelas huruf, gambar produk, dan bentuknya. Sehingga ketika diletakan dalam tumpukan, dalam alas meja, tipografi yang standar dan tulisan jangan terlalu ramai dan kecil2
- Cocok dan sesuai dengan isinya, yah ini penting artinya ada kecenderungan ketika bungkus dari warna dan gambarnya benar-benar lambang bentuk dari dalamnya.
- Karakter emosional –> Kemasan adalah kebanggaan, seorang ibu2 dengan percaya diri membawa sebuah baju baru dengan kemasan yang utuh karena dari kemasan itulah orang tahu bahwa di dalamnya adalah produk mahal, produk yang elite, produk langka, produk yang ideal, produk yang selalu menjadikan pemiliknya memiliki nilai lebih.
Nah itu singkat saja yang penting ketika Anda ingin mendesain jangan abaikan beberapa hal yang menurut konsumen adalah penting dan menjadi alasan penting kemasan Anda baik dan menarik
Banyak jasa desain kemasan di Indonesia, persoalannya bukan pada keahlian desain saja (mahir corel, photosop, AI dll) tetapi juga kepada “kesesuaian harapan” dengan konsumen.
Karena kemasan yang baik juga sebagai iklan
– itu kenapa kemasan cat (galon cat tembok dll, minuman dll di desain agar bisa digunakan untuk kepentingan lain setelah dipakai, agar bisa beriklan juga toh…