Bisnis bersistem kemitraan kita bagi ada 3 : waralaba, business oportunity dan lisensi. Dalam perjalanannya ketiganya memang banyak perbedaan. Namun ada beberapa titik kesamaannya, bahwa “keunikan” akan menjadi kekuatan.
Sayangnya dari sisi waralaba saja, ternyata banyak keunikannya tidak bertahan lama, alias tidak bersifat jangka panjang. Nah ini perlu terus dibangun, karena dari keunikan inilah menjadi embrio pembeda dari yang lain.
Nah apakah keunikan ini benar-benar penting di ranah waralaba, business oportunity dan lisensi?
- Khusus waralaba, tidak mudah ditiru termasuk oleg franchisee
- Khusus business oportunity, maka re-order terus terbina karena respon pasar positif
- Khusus lisensi maka akan membangun kepercayaan akan benefit dari sebuah merek yang menjadikan brand images semakin baik
Dari manakah keunikan dibangun, agar kelangsungan bisnis terjaga?
- Produk
- Layanan
- Promosi
- Harga
- Paska penjualan
- Kepeduliaan
Sehingga jangan ragu, segera riset keunikan Anda agar tidak terbenam oleh waktu