Dalam perjalanan watu sy sudah memberikan puluhan kali sharing strategi bisnis toko online di berbagai even, dalam sering tersebut biasanya saya awali dari diskusi kecil, dan memang tampak kadang toko online dibuat denganĀ tergesa-gesa, asal buat atau asal murah.
Fenomena ini memang wajar dalam usaha toko online, karena memang pemahaman strategi bisnis toko online mereka belum berkutat soal bagaimana web sebagai bagian dari karakter brand dari sebuah marketing, baru sekedar asal kebut dan berwujud, sehingga sering mati-matian fokus kepada aspek teknis dan tampilan teknis. Lalu apa saja yang memang harus dikembangkan sekarang?
Sehingga untuk memajukan toko online maka perlu suatu upaya non teknis:
- Fokus terus membangunĀ toko online memberikan rencana inovasi layanan, dengan terus mengamati pergerakan pesaing
- Fokuskan pada publikasi layanan dalam bentuk bukti, termasuk contoh foto packing, pra pengiriman, tumpukan stok dll, memang hanya sebuah foto namun itu bisa bercerita panjang. Bangun kelengkapan web dengan fokus, tidak dengan pikiran bercabang.
- Fokus kepada benefit dari layanan toko online Anda, dengan membangun keunggulan layanan dan produk. Benefit ini bisa dari sisi dukungan kelebihab produk, pembayaran, kejelasan pemakaian, product knowledge dan panduan pemanfaatan secara lengkap.
- Fokus kepada upaya membangun jaringan sesama reseller atau mengembangkan channel, dengan target 1 bulan ada 3 reseller baru misalnya.
- Fokus kepada melatih diri memberikan pendekatan ke konsumen baik karena sedang transaksi atau paska transaksi.
- Fokus kepada upaya pendekatan harga, artinya di era informasi harga tidak saja ditentukan oleh penjual, tetapi juga oleh pesaing dan kecenderungan pasar.
- dll dll
Makna dari judul artikel ini : Strategi Bisnis Toko Online : Rata-rata kurang fokus ke marketing, adalah bahwa rata-rata kondisi toko online sekarang baru fokus aspek teknis, dan lain-lain juga sedikit tentangĀ produk, promosi, web keren dan namun belum kepada kesatuan penerapan marketing secara penuh.