Yah mungkin di dalam item elemen strategi bisnis  ada aspek pemasaran,  yang bentuknya masih terus berusaha beriklan terus menerus dengan harapan jangka pendek dan panjang lebih kepada penjualan? Sehingga ukurannya  segala-galanya pada penjualan?

Tentu stabilitas penjualan juga menjadi penting, pun ketika kita sedang tidak beriklan dalam 1-2 bulan pun, lalu bagaimana? Yah kadang kita melupakan bagaimana brand itu dibangun, kadang justru hanya meletakkan semua hanya dalam tagline yang indah.   Nah dalam era informasi respon positif dan negatif bisa tersebar begitu cepat, dari ujung dunia yang sana ke ujung yang sini dalam hitungan detik, baik itu muncul dari perorangan atau media resmi. Tetapi itulah, mulut ke mulut dari offline, budayanya terbawa hingga online, seperti dalam viral marketing.

Dari sekian upaya-upaya itu, menjadikan dasar ketika akan membangun web perusahaan sebaiknya menjadikan upaya adanya character building didalam medianya. Apa itu character building?

 

Dalam hal ini adalah bentuk pengembangan dari brand building, yang dalam praktej di media  online maka sentuhannya agak berbeda, terkadang dalam brand building, produsen mencecar dengan segala bentuk bujukan, persuasi,  membangun images, melibatkan pelanggan lain dalam komunikasi ke pelanggan lain, adanya event di media online  yang booming.

Nah character building ini lebih kepada memberikan

  1. Rasa keadilan
  2. Penghormatan yang nyata
  3. Elemen kepedulian.
  4. dll dll

Dalam prakteknya maka bisa disajikan dalam informasi di web bisnis dengan konten yangs seimbang, tidak berusaha menjejelali  tetapi juga ada upaya menampung dan menyeimbangkan persepsi, misal jika ada Ketentuan dan Layanan yang dirasa itu masih baru itemnya, dan seakan memberatkan kepada pelanggan, maka perlu dijelaskan tujuan dasarnya, bukan hanya peraturannya saja.

Lagi, ketika ada produk  yang sudah yang sudah tidak bergaransi, masanya lewat, maka tetap diterima komunikasinya dengen memberikan tips, trik, maintenance agar terjadi keadilan seakan peduli hanya pada waktu tertentu, saya ambil contoh dari web Blackberry misal   http://blogs.blackberry.com

Lain lagi, berkenaan dengan penghormatan yang nyata, ini banyak sekali unsurnya, di media online dalam hitungan saya bisa puluhan elemen.  Tetapi salah satu contoh saja,  ketika menuliskan di email bukan memanggil dengan Anda tetap misal Bapak Ipan yang dihormati, atau menjadikan komunikasi selalu pada bahasa yang santun, bukan seperti bahasa chatting biasa.

Elemen kepedulian menekankan kepada hubungan saling berbagi diluar ikatan transaksi, misal ada artikel gratis, bakti sosial, CSR, tip triks dan bimbingan gratis.

bahwa web bisnis juga tidak terbatas pada menawarkan tetapi juga membangun karakter yang jelas dari perusahaan, terwakili dari media onlinenya.