Strategi Marketing : 4 Manfaat dari promosi mulut ke mulut

  • Whatsapp

Sudah sejak zaman dahulu kala, bahkan sebelum ada internet, maka budaya promosi mulut ke mulut, atau kalau orang jawa bilang “gethok tular”  menjadi sangat efektif dalam membantu kelancaran penjualan. Sayangnya masih banyak pengusaha yang tidak mengkondisikan hal ini agar berjalan dengan baik, promosi mulut ke mulut.  Alamiah, alasan utama menurut saya tentang promosi mulut ke mulut ini, tetapi setidaknya itu mempunyai kekuatan besar, karena ketika marketing, direktur dan perusahaan sedang tutup bisa terbantu promosinya.

Dalam sebuah seminar marketing di  Yogyakarta,  ada salah satu peserta seminar yang  bertanya sebelum materi yang saya paparkan selesai, karena alasannya modalnya tipis sehingga tidak akan bermain di iklan tetapi di promosi mulut ke mulut, dan dia ingan lebih dalam soal ini.

Muat Lebih

Dampak besar dari hebatna promosi mulut ke mulut bagi usaha Anda :

  1. Dengan posisi promosi mulut ke mulut yang kuat maka konsumen yang datang, telp, email adalah paaa posisi siap beli, siap tawar, dan siap transaksi. Betapai indahnya ini, karena sebagai tim marketing tinggal menendang bola menuju gawangnya. Nah dari sana kita bisa mendapatkan  keuntungan, bahwa konsumen digerakkkan oleh konsumen lain
  2. Terbukti, dari kuatnya promosi mulut ke mulut akan menciptakan  peluang lebih besar untuk mencetak pelanggan  dengan loyalitas tinggi, bahkan kadang mereka membentuk komunitas tersendiri.
  3. Waktu atau durasi penjualan menjadi pendek, mungkin saja sebelum kita gencar iklan, sudah ada yang telepon, ada yang pesan, sehingga dengan promosi mulut ke mulut . Tetapi inti dari point ini, bahwa waktu penjualan bisa dipersingkat dan dipersempit.  Memudahkan untuk peningkatan produk selanjutnya
  4. Brand Images, sebelum di iklankan pun jika promosi mulut ke mulut berjalan secara alamti maka brand lah yang menjadi fokus pembicaraan, sehingga anda sebagai pengusaha diuntungkan, tinggal iklan anda untuk memolesnya.

Demikian tadi promosi dari mulut ke mulut, atau kadang di singkat MLM = Mulut Lewat Mulut, karena jaringan  MLM (Multi Level Marketing) juga menerapkan MLM = Mulut lewat Mulut, walau saya tidak ikut aktif dalam jaringannya.

Unuk artikel bagaimana membangun promosi mulut ke mulut secara otomatis, sedang saya siapkan artikel berikutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

14 Komentar

  1. i preference it Strategi Marketing : 4 Manfaat dari promosi mulut ke mulut | Kewirausahaan strategi Bisnis marketing wirausaha toko online mentor konsultan bisnis at present im your rss reader

  2. Pertanyaan dari Pengunjung Web

    Bagus sekali….
    Cuma pertanyaannya…apakah kalau pekerjaan kita tidak/kurang memuaskan si pelanggan/klien, apa dia mau mempromosikan kita ?

    Jawadan dari Ipan Pranashakti

    Ada beberapa upaya untuk memajukan usaha antara lain promosi dan public relation.
    Ketika ada ketidak puasan maka tetap bisa dimanfaatkan untuk membangun mulut ke mulut. Prinsip utama Brand itu muncul dari PErusahaan dan Reputasi lahir dari Pasar.

    Dari hal tersebut, maka perusahaa jangan hanya melakukan upaya promosi tetapi juga public relation, bahkan ada sebagian pengusaha mengutamakan posisi Public relation sangat penting sebagai upaya mempertahankan pelanggan dari yang puas atau tidak puas.

    Untuk membangun reputasi maka “mau tidak mau” kita harus melibatkan pelanggan. Sehingga di TV ada PRogram misal SERIBU Sunlight, dll itu upaya melibatkan pelanggan, jika ada yang tidak puas didalamnya maka bisa dieliminasi.

    Posisi promosi dan public relation dalam perusahaan memang harus dipisah
    FUngsi Promosi dan Pbublick Relations untuk skala UKM bisa dilakukan siapapun yang kompeten di dalamnya, karena UKM ada kecenderungan meminimalisasi SDM.

  3. Suksesnya promosi dari mulut kemulut biasanya dikarenakan ada sesuatu yang bernilai lebih dari jasa/barang yang dibicarakan tersebut. tanpa kita meminta nya pun konsumen dengan otomatis mempromosikan jasa/barang/produk kita

  4. i like it Strategi Marketing : 4 Manfaat dari promosi mulut ke mulut | Kewirausahaan strategi Bisnis marketing wirausaha toko online mentor konsultan bisnis since im your rss reader

  5. bagaimana memanfaatkan cara promosi dari mulut ke mulut untuk produk slow moving ??? karena biasanya orang akan membicarakan produk2 fast moving dan sudah terkenal..thanks

  6. kalau Strategi MLM yang satu ini saya juga mau dah mraktekkinnya mas.

    salam kenal mas ipan.

  7. saya suka berbisnis, artikelnya sangat bagus….
    sangat mem bantu bagi orang yang mau berbisnis….

  8. Tolong cara management permarketingan dan implementasinya terhadap dunia luar yang dinilai bermacam ragam….????????