Strategi marketing era tradisonal dan era internet bukan berarti berganti eranya secara total, hanya metode dan media marketing yang bergeser seperti dahulu kala ketika promosi hanya bisa dengan suara di Radio kemudian muncul iklan suara+visual di TV. Namun memang kemasan yang disajikan untuk pelanggan haruslah berawal dari pergeseran perilaku pelanggan bukan dari kemampuan modal dan investasi kecanggihan teknologi pemilik perusahaan saja.
Email belum disadari oleh pelaku bisnis sebagai media yang efektif untuk menpertajam lini komunikasi bisnisnya, dan masih dianggap sebagai alat pasif saja. Kekeliruan ini yang akan saya bahas dari sudut pandang bisnis.
Lima alasan memanfaatkan email marketing sebagai standar strategi bisnis:
- Perilaku Masyarakat, saat ini masyarakat dengan teknologi yang ada maka terjadi perubahan perilaku di masyarakat secara drastic, misal dahulu ketika membuka email harus di warnet atau di kantor, maka saat ini bisa dimanapun dengan HP, PDA, Blueberry atau IPhone. Sehingga email menjadi media informasi yang riil daripada dengan pos. Perilaku yang berubah tersebut dari budaaya yang dahulu ketika pegawai kantoran atau pengusaha begitu datang baca Koran dll, saat ini banyak yang memulai hari kerja dengan memanfaatkan internet untuk mengecek berita, saldo internet banking, email, facebook dll. Termasuk bertransaksi transfer dana, beli pulsa pun dengan internet, artinya internet adalah bagian dari perilaku. Satu email untuk mewakili beberapa kepentingan kerjanya, kalau gitu kenapa anda tidak menggunakan meial rutin? Asal tidak spamming boleh saja.
- Murah dan merata, dengan memanfaatkan email maka kemudahan yang didapatkan adalah, sekali “kirim” bisa puluhan atau ratusan pelanggan yang bisa menerima email tersebut secara real time. MUrah karena mengirim kebanyak pelanggan, biaya tidak tergantung jumlah yang dikirim layaknya SMS. Merata, karena dengan email maka semua lapisan bisa menerima email dengan bentuk dan informasi yang sama, dimanapun berada diseluruh pelosok dunia yang dalam jangkauan internet.
- Responsif. Dengan email maka ketika ada reaksi baik oder, pertanyaan dan penolakan lebih mudah diketahui dan diantisipasi dengan cepat. Hal ini tentu memudahkan untuk membuat perencanaan selanjutnya dalam aspek bisnis.
- Media yang komplet dan multi dimensi. Email dapat diisi dengan berbagai bentuk sajian dari teks, gambar, movie, animasi, dan link, walau semua tergantung pada support system dari penerima email. Email ini juga media yang mampu menerima dan mengirim media dengan volume besar, lebar dan berlapis-lapis bahkan Koran online pun mampu disajikan lewat email.
- Media marketing dan informasi sepanjang masa. Sepanjang masa dalam hal ini karena email mampu disimpan dengan waktu tak terbatas bergantung pada kemauan pengguna dan penyedia email. Hal ini menguntungkan karena mungkin pelanggan belum membutuhkan informasi produk saat ini namun tahun depan dimungkin akan masih mencari informasi kembali. Berbeda dengan brosur, leaflet yang secara fisik mempunyai keterbatasan tersimpan dengam baik. Informasi dari email juga dapat dipindah kan ke Flashdisc, CD, Hardisk.
Selamat menggunakan email sebagai media efektif anda, akan saya tulis pada waktu mendatang yaitu 9 strategi menyusun email yang membujuk dan materi 7 Strategi yang harus dihindari dalam mengirim email. Sukses selalu.
(catatan : kumpulkan data email pelanggan dengan baik sebagai aset informasi anda, kalau tidak sekarang mungkin saat nanti di butuhkan)
Ipan Pranashakti KIP
setuju ^^!
email bisa jadi seperti pisau bermata dua,..bagi dunia marketing bisnis
Info bagus, TQ!
mantap…… bisa buad nambah tulisan tugas kuliah neii…..
thx yaaa…… anak nya lucu…..
good idea.
🙂
wah, belajar dr sini kang.
strategi marketing yg jitu,mengingat skarang kebutuhan email mulai menyaingi sms,dan lebih ke ekonomis dlm promo,langsung ke sasaran.
good…dunianya sekarang dunia online..semakin banyak orang berinteraksi di dalamnya
email merupakan media tepat untuk marketing, bagaimana kita bisa mempunyai email pangsa pasar kita, apakah bisa search via google atau bagaimana, minta tlg saya bisa dibantu? boleh via email mirza_eff@yahoo.com atau 08175470001. suwun
Benar sekali. Dengan internet promosi kita lebih mudah dan cepat. Dulu saya tidak memakai media internet tuk promosi, tapi setelah saya menggunakan internet, hasil lebih jelas terlihat, apakah bagus or tidak
sy setuju sekali..mhn diberikan tips praktis mempraktekkan email marketing strategy tersebut.trm kasih
Artikelnya bagus. Jadi nambah ilmu nih.Thanks
Menarik sekali mas Ipan….Tolong dong dikasig trik2 bisnis lewat email…biar kita sukses kaya mas Ipan…..
terimakasih infonya 🙂
Strategi pemasaran lewat email marketing mang mantap n Penting. N yang lebih penting lagi di tunggu artikel selanjutnya ttg 9 strategi menyusun email yang membujuk dan materi 7 Strategi yang harus dihindari dalam mengirim email. Makasih…
luar biasa artikelnya mas Ipan, menambah wawasan dan tips2 menarik. salam sukses.