Banyak cara pendekatan khusus, menuju pola promosi yg memiliki DURASI LAMA, ini menjadi penting karena biasanya UKM, letih dalam promosi karena faktor pembiayaan yg belum begitu kuat, meski semangatnya begitu kuat. Promosi berbasisi durasi ini murni pemikiran saya atas pengalaman pribadi dan beberapa sahabat saya.
DURASI lama, itu menjadi penting jika memang dana promosi kita sangat terbatas, berbeda dengan perusahaan besar yg mungkin promosi dg even satu jam saja hingga milyaran. Durasi ini menitik fokuskan bukan kepada biaya dan kualitas material promosi, namun lebih kepada lokasi, kalimat/konten, konteks, dan distribusi yang tepat, itu jelas sekali khasnya UKM.
Durasi lama, dalam hal ini seperti tulisan di jalan2 berkenaan lalu lintas, kerjasama sama polsek setempat dan membuat rambu, misal tertib marka, tertib helm, kemudian di bawahnya ada brand kit, yah itu contoh sederhananya
Ada juga Durasi lama, misal di Toilet Umum ada tulisan JAGALAH KEBERSIHAN, kita buatkan dan ada brand kita di bawahnya.
Ada juga durasi lama ini dengan membuat gelas, piring dengan logo merek kita dan tagline kemudian dibagikan secara gratis ke banyak pihak, atau dijual murah ke beberapa pihak, dengan mengutamakan manfaatnya medianya, misal piring, gelas (angkringan, warung makan), mangkok (mie ayam, bakso dll(
Mungkin selama ini kita hanya berpromosi spontan saja, namun memang sebaiknya kita memikirkan DURASI, dan masa tayang yg panjang, sehingga pernah saya ajak temen2 pelaku usaha untuk bikin KALENDER dg cetak bareng2, karena waktu itu cetak kalender cuma 1oribu bisa promosi 1 tahun di rumah makan, di warung soto, warung bakmi dll
Media promosi juga bisa fokus kepada manfaat ganda, itu kenapa ketika beli Mie Ayam, beli Bakso, mangkok yg kita pakai ada gambar produk dari brand penyedap rasa, ada yg bergambar ayam merah dll, dapat dilihat ribuan pembelinya. Begitu juga ada brand2 dari obat yg menyediakan TV gratis di Apotek, di Puskesmas dll
Saya yakin Anda bisa lebih kreatif, masa tayang lebih lama, harga lebih murah, dilihat orang banyak secara bergantian..Jadi jangan berpikir promosi hanya brosur dan leaflet saja