Dalam ranah bisnis online maka toko online adalah media yang paling mudah untuk mendapatkan penjualan dengan cepat walaupun harus memahami dengan baik strategi bisnis toko online nya. Dalam kriteria strategi maka akan dipisahkan pada 3 level penerapan.
Pertama, Strategi Bisnis Toko Online untuk tarapa memulai usaha hingga eksis
Pertama kali yang dilakukan untuk memulai usaha toko online adalah mengamati bebeberapa toko online yang sudah ada, artinya melakukan observasi dahulu. Kenapa? Agar kita tahu peta untuk memenangkan persaingan ditahap awal. Dalam tahap awal ini yang perlu diperhatikan adalah :
- CMS dam metode web yang digunakan : portal toko online, free,blog,social media dll,ibaratnya kita memantau ruko-ruko dan nilai strategisnya
- Produk yang ditawarkan, apakah rata-rat fokus pada produkj tertentu atau model gado2, semua dijual online dalam toko yang sama
- Manajemen harga, ini berkenaan dengan harga yang ditawarkan, misal beli 1 atau 10 tentu ada perbedaan, kemudian diskon yang ditawarkan
- Survey layanan umum dan unggulan, agar benar-benar jika kita mengatakan terbaik, maka berdasar pengamatan lapangan bukan karena merasa konsep kita paling baik, padahal yang lain tidak lagi dikonsep tetapi kepada praktek lapangan.
- Mengamati peraturan dalam sistem penjualan online, artinya ada dibentuk kesepakatan tertulis di web toko online termasuk garansi ada di toko online atau pada service center masing-masing produk per kota.
- Mengamati peralihan resiko baik dalam proses pengiriman, misal ilang, rusak, garansi, perubahan bentuk
- Metode promosi (ada metode mengintainya tersendiri)
- Amatai Pendekatan pelanggan : email marketing, SMS, telp, social media, form online
Demikian strategi bisnis toko online untuk tahap pemula, akan disambung melalu tahap 2 dan 3
Strategi Bisnis Toko Online seri 2
Strategi Bisnis Toko Online seri 3
Demikian informasinya, semoga toko online Anda cepat sukses.
Artikel bisnis online nya Mas Ipan sangat lengkap tks Mas. Semoga berguna…