Strategi Marketing : Cara Promosi Efektif di Abad 21

  • Whatsapp

Strategi Marketing. Dalam sebuah acara seminar di yogya ada beberapa catatan kecil  yang bisa saya tulis dari acara diskusi, sebagai narasumber saya mencoba ambil point simpelnya.

Di Abad  21 ini ada sedikit perbedaan yang rekan-rekan KPMI harus pahami. Kalau dahulu kala perusahaan besar maupun kecil cenderung melakukan pemasaran missal, misal :

Muat Lebih

  1. Membagi brosur kepada siapapun di manapun
  2. Mengganggap konsumen itu sama atau rata-rata sama
  3. Bergantung pada iklan, sehingga biaya iklan sangat tinggi
  4. Berusaha memuaskan pelanggan

Di era IT atau era komunikasi ini sebenernya ada beberapa yang sudah bergeser di antaranya :

  1. Pasar saat ini sudah mulai jenuh dengan banjirnya brosur, iklan di mana-mana, semua orang ingin jadi pengusaha dan semua ingin membagi brosurnya.
  2. Era Internet telah merubah perilaku pasar menjadi horisontal, yang dahulu sangat percaya dengan brosur sekarang di era IT mereka juga butuh “komentar “orang lain yang telah menggunakan produk, review produk, keluhan akan sebuah produk. TInggal duduk menggunakan Google cukup sudah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh2 teman-teman KPMI, bahwa gerakan banjir brosur/iklan/baliho.spanduk  itu mengakibatkan perubahan persepsi di masyarakat, sehingga kecenderungan saat  ini  yang bisa dipelajari:

  1. Persempit pasar yang ditarget dengan kata lain jangan selalu berpikir masala dalam skala yang sangat besar atau bahkan semuanya
  2. Fokus lah pada segmen utama dulu, yang memang “paling butuh sekali ” produk/jasa Anda
  3. Banyaknya brosur yang mengatakan produk mereka hebat menjadikan citra produk2 menjadi kabur, solusinya : Pesan yg ada susun jangan masal, fokus ke segmen, kalau memang produk obat diabetes yg disasar usaia dewasa cenderung Tua yang menggunakan huruf sedikit besar, gambar produk dan testimoni diperbanyak, jangan gunakan tinta warna warni dan mencolok, bahasan sangat santun. Tentu ini beda dengan untuk obat diabetes anak muda yang mungkin masih jarang terkena Diabetes.
  4. Karena adan bencana Banjir Brosur, segera keluar dari s umumnya, Kredibilitas umber iklan menjadi penting saat ini, “Kekuatan Alat” Iklan menjadi sangat penting saat ini. BUkan lagi bonus dan diskonyya, tetapi siapa yang mengatakan sedang ada DISKON? Bu Lurah, Bu RT, Pak Guru, Artis Iklan, Teman, Ketua kOmunitas, Pakar dan Pengamat? LIbatkan lah kredibilitas sumber iklan Anda.
  5. Susunlah strategi Promosi  berbasis waktu. Ada lebaran, tahun baru, tahun ajaran sekolah,  dll  (untuk detil dan item2 Hard Selling dan Soft Selling yang lagi trens silahkan baca di Majalah Pengusah Muslim edisi bulan ini, sy menuliskan nnya di sana)

Di Era lama selalu mentarget : Kepuasan Pelanggan, saat ini mentarget Kesetiaan Pelanggan, tipsnya :
Fokuslah pada aturan-aturan dan kebutuhan spesifik  masing-masing segmen.

Lihatlah persaingan di provider seluler sekarang sudah mulai mempersempit pasar mereka, ada Im3 yg ke remaja yg doyan SMS, Kartu As ke remaja yang doyan Internet, Three ke kebutuhan Blackberry Services yang murah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

12 Komentar

  1. saat ini internet menjadi tempat promosi yang paling efektif sebab bis menjangkau luas hingga manca negara
    nice share

  2. terima kasih pelajarannya, ini saya juga lagi merintis usaha/bisnis online di darah saya semoga ilmunya bisa saya terapkan. sekali lagi terima kasih wawasan saya tentang cara promosi makin bertambah.

  3. makasih atas informasinya untuk menambah wawasa kemajuan kami

    ( 🙂 mau ngetes sistem moderasinya yah? admin-dim)