Toko Online : Memahami Aspek bisnis toko online

Aspek bisnis dalam toko online merupakan rangkaian sistem dari toko online mulai dari proses rekrutmen SDM, kerjasama supplier. Walau toko online dikelola oleh diri sendiri namun tetap tidak bisa mengesampingkan aspek kesuksesan memotivasi diri, karena mesin penggerak  usaha dengan toko online adalah kemampuan menjaga hubungan yang baik dari pihak eksternal, untuk mencapai itu maka perlu menjaga reputasi usaha, selain juga reputasi SDM dan pemiliknya. Mohon diingat mengukur kesuksesan pelayanan toko online sangat berbeda dengan toko fisik yang serba bisa dipandang, dirasakan, diraba dan komunikasi lisan  serta bahasa tubuh.

Aspek bisnis toko online secara umum lebih butuh energi lebih untuk mengembangkannya daripada aspek teknis. Namun memang dari sinilah kunci perputaran asmosfer bisnisnya, artinya jika anda mempunyai usaha hanya benar-benar dengan toko online saja, maka aspek bisnisnya tentu harus meningkatkan toko online dengan layanan layaknya toko fisik,  antara lain unsur komunikasi 2 arah yang cepat dan dengan informasi yang pasti.  Kepastian purna jual terhadap barang-barang yang dijual, misal produk elektronik karena tentu toko online lebih butuh energi dan dana jika produk yang return berada di luar kota, sehingga perlu ada kejelasan informasi dimanakah klaim garansi  jika produk tidak berfungsi. Kesemuanya dibuat dengan kesepakatan yang jelas, karena ini toko online, jika hanya toko fisik maka dapat hanya dengan penyampaian lisan dan bukti tertulis bertandan tangan.

Aspek bisnis toko online  tidak hanya soal barang saja namun juga penguasaan pasar termasuk respon pasar terhadap produk-produk saat ini, bsia dilihat dari statistik webnya, dan transaksinya. Misal saat ini toko online yang menjual  Blackberry cukup marak dicari, namun dalam beberapa hal masyarakat lebih berspekulasi dengan pembelian Blackberry  yang  black market karena selisih harga yang  bisa sampai 1 jutaan, walau resikonya sebenarnya lebih besar jika rusak tanpa kejelasan, namun tentu logika berpikir satu orang dengan orang lain berbeda, nah perbedaan inilah yang perlu menjadi catatan dalam mengatur komoditi bisnis, terutama pengusaha toko online. Perbedaan bisa menjadi peluang dalam toko online.

Aspek bisnis lain adalah bagaimana pengelola toko online harus mampu menjaga hubungan baik dengan supplier, karena disanalah kita mendapatkan kejelasan rantai stok produk, baik keberadaan dan harganya. Ingatlah, jika setiap orang membuat toko online sedang supplier hanya itu-itu saja maka persaingan terjadi tidak saja ketika harus mendapatkan transaksi dengan pembeli namun persaingan juga bisa terjadi antar pengelola toko online untuk mendapatkan barang. Dalam beberapa hal ini target dan stabilitas pembelian dan pembayaran bisa menjadi parameter relationship.

Proses pengiriman dan asuransi juga merupakan aspek penting,  Kenapa ini penting? Karena hal ini lah yang bisa dirasakan oleh pengguna toko online dari layanan awalnya, mengingat untuk jangkaun luar kota pengelola toko online menyerahkan pengiriman pada pihak ketiga misal Pos Indonesia, EMS, TIKI. Karena proses dikuasai pihak ketiga maka tentu pengelola toko online tidak bisa dengan akurat  memastikan keberadaan posisi barangnya, mungkin jika dengan layanan Pos Express masih sedikit membuat pembeli tenang  karena bisa dipantau melalui website. Kemudian dari proses pengiriman ini perluanya pengelola toko online memahami regulasi terhadap syarat pengiriman, sebagai contoh ketika pengiriman dengan  Pos Udara atau melalui pesawat maka barang –barang kimia yang bersifat cair harus melalui proses jaminan khusus dengan packing yang standar untuk bisa diterbangkan, jika tidak maka pengiriman produk cair tentu langsung ditolak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *