Memulai usaha dari modal minimalis, fokus kemana?

FOkus memulai usaha bisa dikategorikan sebagai hal yang cukup sulit jika para pemula dalam bisnis memilihi harapan yang sangat tinggi dengan modal materi dan imateri yg minim. Modal imateri menjadi penting dalam memulai usaha, karena imateri adalah modal kemauan, daya tahan, skil, dan kuat menghadapi cobaan yang ada dalam membangun usaha.  Intinya dalam memulai usaha ada modal imateri atau sering disebut modal intagible.

Memulai usaha bisa dikelompokkan dalam 12 macem, namun saya ambil 3 yang teratas :

  1. Memulai usaha dari sisi kekuatan modal materi, seperti uang, gedung, kendaraaan
  2. Memulai usaha dari sisi modal imateri misal dokter, konsultan, dll
  3. Memulai usaha dari sisi koneksi, misal broker, makelar, bisnis online
  4. dll  hingga 12 macam

Nah dari sisi kekuatan memulai usaha maka antara ketiganya memiliki peta kekuatan sebagai berikut :

  1. Memulai usaha dari sisi kekuatan modal materi, akan lebih cepat memujudkan usaha dari sisi penampakan fisik, modak teknis dan mencari SDM sesuai kriteria yang ideal, namun sangat membutuhkan perencanaan yang kuat dalam ketepatan pengadaan fisik perlengkapan dan peralatan usaha, karena efektifitas nya ada pada ketepatan memilih alat yang tepat, sebuah contoh ketika Anda mau memulai usaha bidang kuliner roti & cake, ada 3 pilihan dalam alokasi modal, bergantung segmen dan perencanaan, pertama, toko roti & cake khusus instansi, acara besar, maka pentingnya alat transportasi dan perangkat pengiriman. Kedua, toko roti & cake khusus showroom bidik end user dan personal butuh tempat display yang baik, parkir layak dan alat pembayaran cepat.  Ketiga, membidik segmen khusus premium perlu modal untuk kemasan yg eklusif,  komunikasi promosi yg elite, tempat layanan yang ber AC dengan SDM yang berseragam dan memiliki kemampuan melayani lebih baik.
  2. Memulai usaha dari sisi modal imateri, kekuatannya ada pada skil, manajerial dan koneksi. Ada 3 pola dalam memulai usaha tipe ini : skil yang hebat untuk memulai usaha langsung, skil hebat untuk mencari modal awal dalam bentuk dana, pinjaman dana, atau skil hebat untuk bekerjasama dengan skil hebat lain, membentuk 1 usaha. Kekuatan berbasis skil harus mudah dibuktikan dalam bentuk yang tampak, sehingga jika memiliki kekuatan skil, tidak bisa berhenti pada hal2 yang bersifat pragmatis, namun memulai mewujudkan dalam bentuk konkret. Fokus kepada apa yang dibutuhkan pasar, segmen yang tepat dan sempit tapi kebutuhan besar, memetakan persaingan dari sisi ceruk pasar yang belum banyak disentuh, cara menggambarkan hasil akhir produk terutama bidang jasa.
  3. Memulai usaha dari sisi koneksi kekuatannya ada pada pertukaran informasi yang intensif, pembaharuan informasi, menjaga kualitas hubungaan dengan pihak lain, ketabahan dalam menghadapi berbagai karakter individu yang berbeda-beda dan cenderung berubah-ubah, kondisional.  Di sisi lai bagi yang menekuni bisnis online kekuatan ada pada kemampuan menangkap perilaku konsumen secara online, penyerapan informasi secara online ini tidak saja melulu soal KEYWORD< tapi lebih kepada faktor humanitasnya, misal membangun kepercayaan, waktu akses, cara membayar yg disukai, pengiriman yang menjadikan percaya, penataan foto yg persuasif. Memilih jenis bisnis online menjadi pilihan awal, karena di sana ada semangat ada gairah untuk lebih kuat dan tahan banting menekuni bisnis ini, misal dalam bidang media jual beli online maka juga penitng bidang apa yang sedang membutuhkan perantara terkuat, misal bidang properti, lalu riset secara online model properti apa saya yang sedang dibutuhkan dan akan booming, di media online hal itu ada semua.

Ada 3 hal yang perlu dimiliki dalam memulai usaha dari sisi MINDset

  1. Kesuksesan bukan instan, meski kita belajar dari orang terkaya sedunia. karena itu berkenaan naluri bisnis juga dan Tuhan berikan naluri yg berbeda-beda pada setiap orang
  2. kegagalan usaha bukan berasal dari orang lain, tapi ada sesuatu yg lemah dalam diri kita yang belum kita temukan sebelum ada kegagalan, meski lebih tampak ketika ada peran orang lain (yg gagal dan sukses sekalipun)
  3. tidak ada kesuksesan tanpa TUhan, sehingga bisnis itu juga soal bagaimana memarketingkan diri kepada TUhan dari sisi non materi. Namun kondisi apapun jangan berharap Tuhan selalu berikan langsung sukse, karena ada kalanya harus melalui ujian yang itu memang benar-benar rahasia Tuhan. Solusinya, ibadah yg baik kepada Tuhan. Maka Tuhan akan berikan kemudahan kepada kita.

Saya merasakan naik turun tebing dalam usaha, dan naik turun dalam air yang bening sejuk. semuanya ada TUhan, jika kita mendekati NYA maka Tuhan pun akan dekat.

F0kus kepada yang termudah, maksudnya adalah kepada sisi mudah dilakukan, mudah diprediksi, mudah dipasarkan, dll


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Satu tanggapan to “Memulai usaha dari modal minimalis, fokus kemana?”

    1. Wasinton on March 5th, 2015 08:46

      Terimakasih pak, sangat inspiratif

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan