Pentingnya Positioning, agar menembus pasar dg cepat

Hari ini memberikan pelatihan privat kepada salah satu pengusaha di Yogya berkenaan internet marketing dan SEO (search engine optimization) dalam upaya meningkatkan omzet produk fashion.  Sebelum memasuki materi SEO biasanya akan dibahas sekilas dasar marketing agar ketika pengunjung web tinggi, maka para pembaca web dapat terpuaskan informasinya.  Dari sekian yang penting untuk web, antara lain SRP (segmentation, targeting, dan positioning) maka akan sy coba tulis singkat di sini membangun logika positioning, ini sangat penting bagi usaha2 di Indonesia agar bisa dalam logika konsumen secara umum. Sehingga sy berikan beberapa conoh positioning dalam penerapan bisnisnya.

Positioning sangat penting bagi sebuah merek, karena dari positoning inilah yang dapat menjadikan konsumen merasa cocok, tepat, patut dipilih. Secara teoritis, positoning artinya upaya menanamkan persepsi mereka kepada konsumen dari agat terlihat baik dan unik untuk mudah diingat.

Ada satu contoh dimana 2 merek mobil bersaing pada belasan tahun lalu, antara Isuzu Panther dengan Toyota Kijang. Pada waktu itu seingat saya memang harga solar jauh lebih murah dari bensin, sehingga Isuzu Panther yang bermesin diesel dengan solar lebih mudah menentukan positioningnya, dari pada Toyota Kijang bermesin bensin. Sebenernya keduanya sama dari sisi kapasitas fungsi produknya, artinya sama2 mobil keluarga dengan kapasitas tempat duduk yg luas, menampung jumlah penumpang yang sama. Namun Isuzu Panther menyadari jika positioning yg dipakai adalah MOBIl KELUARGA, maka mobil ini tidak akan terkesan UNIK, malah akan menjadi rival di dalam benak konsumen, karena adanya benturan dengan TOYOTA KIJANg yang sedari awal memang positioningya adalah mobil keluarga. Sehingga dipilihah sebagai mobil irit, saya masih inget betul dalam iklannya menggunakan Tokoh ENDORSER dari orang BALI,  dengan menggambarkan duit recehan, betapa iritnnya isuzu panther “cring cring” sambil memang recehan uang logam.

karena memang dari sisi mesin, isuzu panther lebih berisik dariTOYOTA KIJANG sehingga lebih baik bukan menjadi RIVAL nya TOyota Kijang dalam positioning mobil keluarga. Dampaknya memang luas, beberapa kantor memilih MOBIL ISUZU PANTHER, karena dianggap lebih efisien, juga untuk mobil niaga berbasis PICK UP nya.

Nah ini dia, mobil panther dengan penumpang bisa 8, dan secara fungsi bisa mirip dengan TOYOTA KIJANG namun, persepsi yang dibangun ke masyarakat dengan positioingnya, ada perbedaan, agar sama2 bisa terima di pasar dengn logika yang mudah dicerna,  irit dan bandel.

Lalu apa hubungan cerita isuzu panther & toyata kijang ini dengan pelatihan privat yg saya laksanakan? intinya meskipun itu toko online biasa, namun hrs jelas positioningnya, apakah toko online grosir, toko online murah, toko online bergaransi, toko online gratis kirim, toko online khusus produk elite, produk elegan, toko online busana sekeluarga, dl


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent


    Sebelumnya mohon isi perhitungan berikut. * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan