Marketing Strategi Bisnis

Dasar Marketing : 5 unsur dalam strategi pemasaran (bagi pemula)

Materi  dasar marketing ini khusus bagi pemula, karena memang dalam blog bisnis dibaca oleh ribuan pembaca dari berbagai usia, segmen dan background pendidikan. Dalam memulai usaha terkadang banyak sekali kegamangan antara produk dulu atau pasar dulu, nah di sini nanti akan kita bahas secara praktis dan singkat saja.

Logika dalam pemasaran yang harus diubah kepada para pemula dalam membangun usaha adalah, ketika tahun 1935, maka strategi pemasaran berfokus pada volume  penjualan, namun di tahun 2014, pemasaran mengalami sekitar 8 etape menjadi fokus kepada kecintaan merek dari masyarakat, artinya tidak hanya pembeli yang harus puas, tapi masyarakatpun bisa merasakan puas, itu kenapa PT Kereta Api berusaha melakukan pendekatan kepada masyarakat umum di daerah sekitar rel kereta, terutama jalur rel kereta yg dekat dengan pemukiman, meski itu bukan pelanggan jasa Kereta Api, karena tujuan dalam stragei pemasaran, maka harus juga memikirkan pola memuaskan masyarakat di sekitar aset PT KERETA API, agar kelangsungan usaha semakin membaik, tidak ada masyarakat yang merusak rel, merusak palang kereta, merusak stasiun, dan rela memberikan kabar ke Pengelola KEreta Api jika ditemukan ada baut/bantalan rel kereta yang lepas. Itu adalah bagian dari strategi pemasaran.

Saat saya merevisi tulisan ini, saya masih menjadi konsultan untuk sebuah kampus swasta yang berkembang untuk  mempertajam lini pemasaran dan penerapan Management ISO 9000 di  sebuah STIE, di sana pendekatan yang sy coba berikan ke klien, antara lain bahwa STIE tersebut perlu juga memuaskan  dan sehati dengan masyarakt sekitar kampus, agar tidak ada aset kampus yg dijarah, dirusak, dan menjadi tetangga yang baik terutama kepada para mahasiswanya, meski tetangga itu bukan PENGGUNA kampus tersebut.

Begitu juga dengan Garuda Indonesia, sudah menerapkan hingga marketing society, untuk masyarakat Indonesia, termasuk didalamnya BUKAN PENGGUNA layanan transportasi  GARUDA INDONESIA tersebut.

Berikut 5 unsur Strategi Pemasaran , khususnya tips bagi pemula:

1.  Penentuan Pasar

Dalam strategi pemasaran, maka makna Pasar itu begitu luas sehingga pengusaha harus memilih yang tepat mana bagian tertentu, pasar mana saja yang akan dilayani, semua ini agar fokus.  Dalam strategi pemasaran, ini sangat penting dan menjadi awal dari semua upaya, yaitu segmentasi pemasaran, yang artinya yaitu upaya2 untuk mengelompokan pasar, hal ini untuk mempermudah  bagaimana kita memperlakukan pasar, karena jika modal terbatas, maka akan kepayahan jika harus melakukan pendekatan secara bersamaan ke seluruh masyarakat Indonesia, dan butuh tenaga dan biaya yang cukup besar, selain waktu yang begitu panjang, meski itu dengan media online sekalipun, karena belum semua masyarakat yang dituju juga memanfaatkan online sebagai perilaku harian. Segmentasi pasar merupakan langkah awal dari strategi pemasaran, agar produk benar2 diformat sesuai dengan keinginan pasar.

Segmentasi pasar yang tepat dalam memulai usaha akan mengefektifkan dana awal dalam usaha, terutama pada pengusaha dengan modal minimalis, karena dengan segmentasi pasar yang tepat, lalu dilanjut dengan Targeting, sesuai target pasar yang akan dituju, sangat menguntungkan pelaku usaha terutama untuk memutar modal dari tingginya penjualan, misal adanya respon dari pasar yang cepat, dari promosi singkat pun sudah menjadi  penjualan yg tinggi, mungin  karena faktor pendekatan iklan yang  tepat sasaran, memang membutuhkan produk itu, termasuk rumusan keunggulan yang dimiliki. Sepertinya halnya akan sulit mendapatkan respon pasar yang cepat, jika TIm Marketing mobil Mercedez Benz mensponsori untuk lomba BAND antar SMP, akan lebih efektif, disesuaikan TARGET PASARNYA, misal menjadi sponsor pada event LOMBA GOLF.  Di sisi lain akan mempromosikan produk PASTA GIGI, maka target audience yang akan dibidik adalah ibu rumah tangga, karena dari sanalah 70% keputusan membeli dari kebutuhan rumah tangga, misal minyak goreng, sabun, susu, sabun cuci dll, sehingga dalam membuat media promosi, mencoba menarik sisi emosional ibu rumah tangga. Contoh lain adalah iklan SUNLIGHT, sabun cuci piring dengan program 1000 IBU SUNLIGHT, seorang ibu merekrut ibu lain untuk care dan menggunakan sabun cair SUNLIGHT, dilombakan dengan hadiah ratusan juta, atau pendekatan iklan  Misal kita akan membidik segmentasi ibu2 maka kita siapkan iklan yang sesuai rencana dalam strateg pemasaran . Atau mencoba menggeser target pasar dan menggeser audience iklan, dari yang selama ini prmosi ke media umum seperti KOMPAS, REPUBLIKA, karena produk khusus wanita, maka promosi digeser t sesuai target pasar ke  Majalah Femina,  Tabloid Bunda, Tabloid Nova dll

2. Perencanan Produk

Dalam strategi pemasaran, sebelum membangun produk yang siap di lepas di pasar perusahaan  perlu menyusun perencanaan produk yang disesuaikan target pasarnya, misal  menentukan volume produk, kemasan, iklan, dan tokoh dalam iklan, Kenapa sekarang banyak kecap yang dijual dengan sachet Rp. 1000 an dan tidak hanya di botolan Rp.10ribuan? Kenapa iklan dalam produk kecap  menggunakan artis yang digandrungi kaum wanita? kenapa menggunakan botol kecap yang sederhana saja tetapi kuat?

Semua itu perlu direncanakan, bahkan produk MIE SEDAP  yang akan dilempar ke pasar, agar bisa bersaing dengan produk INDOMIE, SARIMI dan SUPERMI, melakukan riset pasar selama kurang lebih 2 tahun dan mennghabiskan dana milyaran, untuk menentukan bentuk produk yang bisa lebih diinginkan pasar, dan bisa langsung berjibaku dengan produk INDOFOOD GROUp tersebut, akhirnya dilemparkan MIE SEDAP yang bahan mie nya meski belum di masak sudah lebih gurih, ada serbuh koya, ada bumbu dengan rasa yang tajam, dengan bahan mie yang lebih mudah matang ketika di masak dll.  terlihat bahwa strategi pemasaran tidak melulu harus langsung berhubungan dengan produk yang sudah jadi siap jual, tapi bisa dalam perencanaan.

COntoh lain karena dalam rumusan strategi pemasaran,  segmen yang dibidik adalah  Ibu2 maka direncanakan bungkus produk dan promosi lebih menggunakan warna soft, cerah dengan nuansa  ping dan ungu, lalu bahasa yang digunakan dalam kemasan dan manual tidak  harus rumit namun bahasa  yg mudah dimengerti. Kemudian karena segmen ibu2, maka produk harus mudah digunakan, simple dan tidak butuh perawatan yang pelik/rumit, semua ini demi persepsi  dari ibu2 terhadap produk. Kenap bukan kemasan dengan warna hitam legam?

3. Manajemen Harga

Manajemen harga adalah bentuk upaya yang paling startegis dalam mengawali persaingan, bisa berawal perhitungan yang matang secara internal kemudian dibandingkan dengan pesaing.  Manajemen harga ini bisa diawali dengan cara sederhana, harga ketika promosi, harga eceranm harga agen/reseller dan lain-lain. Di era informasi ini, pengembangan stratego pemasaran begitu luas, karena saat ini PASAR juga ikut menentukan harga, sebagai masukan di pasar, terutama ketika pasar merespon rendah produk2 tertentu dengan kreatifitas harga yang salah, respon pasar terhadap rumusan harga dari pesaing,

dapat kita lihat bahwa produk Straegi pemasaran dari Wing Food, selalu kreatif dalam menentukan harga berbasis segmen pasarnya, misal beli 5  MIE SEDAP, gratis 1 MIe, membeli 3 KOPI ABC, gratis 1 bungkus, dapat kita amati ini menguntungkan  2 sisi, yaitu penjual dan pembeli, jika pembeli/pengguna membeli 3 maka yang dibawa pulanga adalah 4 bungkus, namun jika pembeli hanya 1 bungkus, maka bonusnya milik penjualnya,  yang juga bisa dijadikan uang dalam bentuk penjualan kembali.

4. Distribusi

Distribusi merupakah bagian dari strategi pemasaran yang cukup menguras energi karena faktor efektifitas dan efisiensi,  sehingga ada 3 pihak yang akan dipuaskan, pertama produsen, kedua  agen/reseller, ketiga konsumen. Nah dari distribusi ini jika anda pengusaha toko online maka bisa menentukan pihak ketiga dalam pengiriman2 barang yang terjamin dengan baik dan asuransi yang jelas. Distribusi adalah layanan yang bisa dirasakan dampaknya oleh semua pihak karena dengan menggunakan rantai-rantai/jalur.

Salah satu keunggulan produk BUKU dari GRAMEDIA adalah pemasaran yang menyatu dari distribus bukui, karena selain produsen buku, juga sekaligus menjadi distributor dan memiliki TOKO BUKU di berbagai kota, sehingga inline, dan  integratif. Selain itu produk beberapa merek MAKANAN, snack ada yang menggunakan rantai berlapis, dari distributor, agen, pengecer, ditambah lagi stimulan dg promosi demo, dan MENCOBA PRODUK di mana-mana dalam waktu yg lama, meski itu didesa yang jauh dari kota yang peradabnnya juga minimalis dari sisi media, misal internet dan TV, masih jarang.

5. Komunikasi dan Promosi

Dalam  komunikasi ini menjadi  lini yang patut disusun dengan baik karena  ini yang akan menjadi awal pertemuan atau awal hubungan berupa informasi2.  Komunikasi ini meliputi penerapan pendekatan pemasaran, sistem publikasi, promosi penjualan, hubungan relasi, penjualan langsung, pembentukan media pendukung. Komunikasi yang tepat akan meningkatkan persepsi yang baik ke pasar, ada sebuah produk OBAT PENGHILAN NYERi bagi kaum wanita terutama jika sedang MENSTRUASI, padahal dari sisi komposisi obat sebenernya obat itu bisa juga untuk kaum lelaki, cuma dalam komunikasi pemasaran dan target pasar diarahkan kepada kaum wanita. Obat penghilang nyeri menstruasi tersebut memiliki kandungan tidak jauh dari penhilang nyeri bagi umum (pria/wanita), yang beda adalah dalak KOMUNIKASI PEMASARAN.

Masih ingat sebuah produk SAUS CABE dengan konsep pemasaran berbasis IMAGES, yaitu saus cabe botolan dengan iklan seorang ibu rumah tangga begitu disayangi suami, karena setiap pagi suaminya sampai mondar mandiri nyomot saus cabe sebelum kerja, atau iklan sebuah penyedap masakan yang menggambarkan seorang suami menjadi betah makan dirumah karena masakan istrinya menggunakan penyedab XXXXX, saya sendiri tahun 1995 pernah masuk pada tim riset marketing produk makanan, yaitu keju, yang digambarkan dengan selembar keju anak makin cerdas, nah coba bayangkan benarkan anak bisa makin cerdas dari konsumi keju?

itulah dalam strategi pemasaran semua harus kreatif.

Marketing Strategi Bisnis


strategi bisnis

5 Tulisan terbaru

  • Komentar

    6 Tanggapan to “Dasar Marketing : 5 unsur dalam strategi pemasaran (bagi pemula)”

    1. Stock Market Analysis on June 22nd, 2011 10:34

      Info yg menarik, sangat membantu bagi pebisnis pemula yg akan memulai usahanya apalagi di era seperti saat ini bisnis sudah merambah ke dunia online, thanks.. :)

    2. agus on April 14th, 2013 20:56

      Sangat menarik, dan menambah kemampuan marketing saya

    3. Info Faizz on September 25th, 2013 14:45

      Makasih banyak infonya, ini sangat bermanfaat bagi saya untuk karir saya kedepannya, saya tunggu info-intfo yg bermanfaat dari anda selanjutnya, sukses selalu ya……

    4. walah on August 22nd, 2014 13:30

      Terimakasih artikel di atas sangat membantu saya memahami akan kata pemasaran,

    5. Yaredy Laiya on September 19th, 2014 11:36

      Pak bagaimana langka-langka yang tepat agar bisa melakukan pendekatan pemasaran produk dengan cara pang tepat?

    6. agustina indriani on September 20th, 2014 20:11

      artikel ini sangat membantu saya dalam mengetahui soal pemasaran

    Ingin menanggapi?




    Semua tanggapan akan diperiksa dahulu oleh Ipan Pranashakti, jika spam comment dan spam link, maka akan dihapus permanent



    + 4 = 10

    Bisnis & Marketing

    Langganan Artikel Bisnis Marketing Toko Online Wirausaha

    • Begitu ada artikel baru, Anda dapat email pemberitahuan